Aku punya kesibukan baru yang menyenangkan kali ini. Di saat kebosanan melandaku akan akativitas sehari-hariku, eh..... sekarang aku punya kegiatan yang jauh lebih menyenangkan. Selain menyenangkan juga mengasah kreativitasku loo... Sudah hampir tiga bulan aku bekerja jadi Tata Usaha dan guru sampingan di sebuah TK. Namanya TK AL-FURQON, sebuah yayasan yang dikelola oleh keluarga sendiri . TK itu tahun didirikannya sama dengan tanggal lahirku jadi kira-kira sekarang umurnya sama denganku, hehe...... Bayangkan serunya aku ketika pertama kali mesti bertemu murid-murid yang kecil-kecil. Dengan malu-malu mereka memandangiku. Dengan suara yang tertahan mereka memanggilku “Bu Guru.....”. hehehe.
Awalnya sih Karna tahun ajaran ini jumlah murid-murid meningkat dan kebetulan kami kekurangan tenaga kerja, yah_ jadi aku deh yang disuru tuk bantu-bantu disana. Aku cuma bantuin guru-guru di kelas nol kecil sambil ngisi liburan menyambut kuliahku . Senang sekali ketika melihat lelucon yang dilakukan murid-murid dikelas yang membuatku tertawa. Betapa mengharukan ketika mereka benar-benar ngerasa ‘tergantung’ pada kita. Minta dibantu pake sepatu, minta dibukakan kuenya, dan bagaimana mata mereka memandang berbinar ke arahku ketika mereka membutuhkan pertolongan. Belum lagi ketika mereka mempunyai pertanyaan dalam benaknya, dan membutuhkan bantuanku untuk mengungkapkannya. Kekesalan ini muncul ketika ada anak yang nakal dan susah diberi tahu, huft_ . Eits.... belum lagi ada anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus. Sebenernya sih kalo ortunya emang pengertian, mereka gak dimasukkan disekolah anak normal gini. Masalahnya jelas banget anak dengan kebutuhan khusus perlu penanganan yang khusus pula. Mereka benar-benar membutuhkan perhatian khusus. Mereka akan kesulitan untuk mengikuti pelajaran dengan sistem klasikal. Tak ada aktivitas yang bisa mereka ikuti selama berlangsungnya pelajaran setiap hari. Bahkan untuk menyanyi dan membaca doa bersama pun mereka cuma ngeliatin temen-temennya yang lain. Seolah gak ada semangat buat sekolah. Nah itu masih mending dianya mau duduk dan gak lari kesana kemari, bahkan ngamuk-ngamuk gak karuan. Ada juga yang maunya kabur terus dari kelas atau paling nggak lari-larian ke bangku temannya yang lain. Pokoknya yang kerjaannya bikin gaduh en gak mau ngikutin pelajaran juga. Duhh...kadang kasihan juga ma temen-temennya yang lain, abisnya anak ini juga sering ngusilin temen-temen di sebelahnya. Uh....... Kalo ngomongin murid-murid tuh gak kan muat deh aku ceritain, soale panjaaaaannnnggggg bgtttttttttt.......... !! .
Awalnya sih Karna tahun ajaran ini jumlah murid-murid meningkat dan kebetulan kami kekurangan tenaga kerja, yah_ jadi aku deh yang disuru tuk bantu-bantu disana. Aku cuma bantuin guru-guru di kelas nol kecil sambil ngisi liburan menyambut kuliahku . Senang sekali ketika melihat lelucon yang dilakukan murid-murid dikelas yang membuatku tertawa. Betapa mengharukan ketika mereka benar-benar ngerasa ‘tergantung’ pada kita. Minta dibantu pake sepatu, minta dibukakan kuenya, dan bagaimana mata mereka memandang berbinar ke arahku ketika mereka membutuhkan pertolongan. Belum lagi ketika mereka mempunyai pertanyaan dalam benaknya, dan membutuhkan bantuanku untuk mengungkapkannya. Kekesalan ini muncul ketika ada anak yang nakal dan susah diberi tahu, huft_ . Eits.... belum lagi ada anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus. Sebenernya sih kalo ortunya emang pengertian, mereka gak dimasukkan disekolah anak normal gini. Masalahnya jelas banget anak dengan kebutuhan khusus perlu penanganan yang khusus pula. Mereka benar-benar membutuhkan perhatian khusus. Mereka akan kesulitan untuk mengikuti pelajaran dengan sistem klasikal. Tak ada aktivitas yang bisa mereka ikuti selama berlangsungnya pelajaran setiap hari. Bahkan untuk menyanyi dan membaca doa bersama pun mereka cuma ngeliatin temen-temennya yang lain. Seolah gak ada semangat buat sekolah. Nah itu masih mending dianya mau duduk dan gak lari kesana kemari, bahkan ngamuk-ngamuk gak karuan. Ada juga yang maunya kabur terus dari kelas atau paling nggak lari-larian ke bangku temannya yang lain. Pokoknya yang kerjaannya bikin gaduh en gak mau ngikutin pelajaran juga. Duhh...kadang kasihan juga ma temen-temennya yang lain, abisnya anak ini juga sering ngusilin temen-temen di sebelahnya. Uh....... Kalo ngomongin murid-murid tuh gak kan muat deh aku ceritain, soale panjaaaaannnnggggg bgtttttttttt.......... !! .
Wah......... ternyata ribet and susah ya jadi guru TK itu. Selain ngurus anak dikelas, kegiatannya tiap hari: nyiapin materi buat besok (biasanya pake bikin alat peraga segala), trus berada di depan kelas tiap pagi buat nyampein materi. Pake suara yang lantang, pake jalan ke sana kemari, kasih contoh gerakan2, nyanyi bareng. Wah..... pokoknya Ribettt bgt.......!!! Masih mending ngajar anak-anak yang lebih gede, kalau nakal bisa dijewer.... wkwkwkk.... Pada saat itulah aku tidak mau jadi guru tetap. Dan sekarang kerjaku hanya duduk manis dibangku administrasi, yang mengurus administrasi sekolah, mencatat SPP bulanan dan membukukan tabungan mereka. Beralih didepan komputer untuk menyusun arsip-arsip sekolah, yah_ sesekali menyelinap main game tuk menghilangkan penat. heheee..... Tapi meskipun ada saja yang bikin ulah, tapi ulah mereka juga menyegarkan pikiran kita tiap hari. Gak peduli mereka bikin ulah nangis, marah, mukul temennya, teriak2, tertawa keras-keras, kejar-kejaran dan masih banyak lagi aktivitas yang laen. Make me fresh. ^__^