Laman

 photo tabfashion.png photo tabtumblr.png photo tabtutorial.png
 photo tabtutorial.png

Definisi ILMU POLITIK



Devinisi Ilmu Politik
Ilmu Politik adalah Ilmu yang mempelajari politik atau (politics) atau kepolitikan. Politik adalah usaha menggapai kehidupan yang baik. Politik dalam arti begitu penting satu cara distribusi sumber daya agar semua warga merasa bahagia dan puas. Cara mencapai tujuan itu, semua pengamat setuju bahwa tujuan itu hanya dapat dicapai jika memiliki kekuasaan suatu wilayah tertentu (negara atau sistem politik).
Filusuf seperti Plato dan Aristoteles menganggap politics sebagai suatu usaha untuk mencapai masyarakat politik (polity) yang terbaik. Pengartian itu disebut Peter Merkl : “Politik dalam bentuk yang paling baik adalah usaha mencapai suatu tatanan sosial yang baik dan berkeadilan (politics at it’s bast is anoble quest for a good order and justice)”.
  
Menurut para ahli menggambarkan politik sebagai berikut :

·         Peter Merkl “Politik dalam bentuk yang paling buruk adalah perebutan kekuasaan, kedudukan, dan kekayaan untuk kepentingan diri sendiri” (Politics at its worst is a selfish grab for power, glory and riches) jadi Politik adalah perebutan kuasa, takhta, dan harta.

·         Rod Hangue at al : “Politik adalah kegiatan yang menyangkut cara bagaimana kelompok-kelompok mencapai keputusan-keputusan yang bersifat kolektif dan mengikat melalui usaha untuk mendamaikan perbedaan-perbedaan diantara anggota-anggotanya (Politics is theactivity by which group reach binding collective decisions trough atempting to reconcile differences among their members)”.

·         Andrew Heywood : Politik adalah kegiatan suatu bangsa yang bertujuan untuk membuat, mempertahankan, dan mengamandemen peraturan-peraturan umum yang mengatur kehidupannya, yang berarti tidak dapat terlepas dari gejala konflik dan kerja sama (“Politics is the activity trought which a people make, preserve, and amend the general rules under which they live and as such is inextricaly linked to the phenomen of conflict and cooperation”).

·         Ossip k. Fletchteim : “Ilmu politik adalah ilmu sosial yang khusus mempelajari sifat dan tujuan dari negara sejauh negara merupakan organisasi kekuasaan, beserta sifat dan tujuan dari gejala-gejala lain yang tidak resmi yang dapat mempengaruhi negara (Political sience is that specialized social sience that studies the nature and purpose of the state so far is it a power organitzation and the nature and purpose of other unofficial power phenomena that are apt to influence the state”).

Pengambilan Keputusan (decision making) menunjuk pada proses yang terjadi sampai keputusan itu tercapai. Pengambilan keputusan yang diambil secara kolektif mengikat seluruh masyarakat.
ð  Menurut Haroid D. Laswell “Who gets  what, when and how”.
ð  Menurut Joyce Mitchell “politik adalah pengambilan keputusan kolektif atau pembuatan kebijakan umum untuk masyarakat seluruhnya (Politics is collective decision making or the making of public policies for an entire society)”.
ð  Menurut Karl W.Deutsch “Politik adalah pengambilan keputusan melalui sarana umum (Politics is the making of decisions by public means)”.
Kebijakan Umum (Public Policy, Beleid) menganggap banwa setiap masyarakat mempunyai beberapa tujuan bersama. Cita-cita bersama ingin dicapai melalui usaha bersama, perlu ditentukan rencana-rencana mengikat, yang dituang dalam kebijakan.
ü  Menurut Hoogerwerf “doelbewuste voremgeving aan de samenleving door middel van matchsuitoefening”.
ü  Menurut David Easton “political life concerns all those varleties of activity and the way it is put into practice. We are said to be participating in rolitical life when our activity relates in some way to the making and execution of policy for asociety”.

Pembagian (Distribution) atau Alokasi ialah pembagian dan penjatahan nilai-nilai (values) dlam masyarakat.
v  Menurut Haroid D. Laswell “Who gets  what, when and how”.
v  Menurut David Easton “A Political system can be designated as those interactions through which values are authorotatively allocated for a society”.

Ø  Bidang-bidang Ilmu Politik
Dalam contemporary science, UNESCO 1950, Ilmu Politik dibagi dalam empat bidang :
I.                   Teori Politik
1.      Teori Politik
2.      Sejarah perkembangan ide-ide Politik

II.                Lembaga-lembaga Politik
1.      Undang-undang Dasar
2.      Pemerintah Nasional
3.      Pemerintah Daerah dan Lokal
4.      Fungsi Ekonomi dan Sosial dari pemerintah
5.      Perbandingan Lembaga-lembaga politik

III.             Partai-partai, golongan-golongan dan pendapat umum
1.      Partai-partai politik
2.      Golongan-golongan dan asosiasi-asosiasi
3.      Partisipasi warga negara dalam pemerintah dan administrasi
4.      Pendapat umum

IV.             Hubungan Internasional
1.      Politik Internasional
2.      Organisasi-organisasi dan Administrasi Internasional
3.      Hukum internasional

HUBUNGAN ILMU POLITIK dengan ILMU-ILMU  SOSIAL LAIN

Ilmu politik merupakan salah satu dari kelompok besar ilmu sosial dan erat sekali hubungannya dengan anggota-anggota kelompok lainnya, seperti : Sosiologi, Antropologi, Ilmu Hukum, Ekonomi, Psikologi Sosial, dan Ilmu Bumi Sosial.

§  Filsafat
Filsafat ialah usaha untuk secara rasional dan sistematis mencari pemecahan atau jawaban atas persoalan-persoalan yang menyangkut alam semesta dan kehidupan manusia.

§  Sosiologi
Memahami susunan dan pola kehidupan sosial dari berbagai golongan dan kelompok dalam masyarakat.

§  Antropologi
Antropologi memberikan analisis terhadap kehidupan sosial secara umum dan menyeluruh.

§  Psikologi Sosial
Psikologi sosial adalah pengkhususan sosiologi yang mempelajari hubungan timbal balik antara manusia dan masyrakat.

§  Geografi
Geografi hubungannya dengan ilmu politik faktor-faktor yang bedasarkan geografi, seperti perbatasan strategis, dasakan penduduk, daerah pengaruh mempengaruhi politik.

§  Ilmu Hukum
Ilmu hukum sejak dulu kala erat hubungannya dengan ilmu politik, karena mengatur dan melaksanakan undang-undang.

Sumber : Buku "Dasar-Dasar Ilmu Politik" Prof. Miriam Budiardjo

Sebagai tugas kuliah
Disusun oleh : 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...