Laman

 photo tabfashion.png photo tabtumblr.png photo tabtutorial.png
 photo tabtutorial.png

MAKALAH TEORI PILIHAN RASIONAL (pendahuluan)


I.1 Latar Belakang Masalah dan Permasalahan
Diantara berbagai disiplin ilmu sosial yang ada, Ilmu Ekonomi Politik merupakan disiplin ilmu sosial yang paling tidak jelas ruang lingkupnya[1]. Ekonomi dan Politik adalah dua disiplin ilmu yang begitu berbeda, dan penerapannya secara bersamaan merupakan polemik tersendiri dikalangan sarjana-sarjana ilmu sosial. Lalu, sebetulnya apa Ekonomi Politik itu? Menurut Marin Staniland dalam What is Political Economy? A study of Social Theory and Underdevelopment (1985 dalam Deliarnov), adalah sebuah studi tentang teori sosial dan keterbelakangan[2]. Lebih lanjut, sebagai “mengacu pada masalah dasar dalam teori sosial : hubungan antara politik dan ekonomi”[3].
Menurut Caporaso dan Levin (1993 dalam Deliarnov), pada awalnya Ekonomi dimaksudkan untuk memberikan saran mengenai pengelolaan masalah-masalah ekonomi kepada para penyelenggara negara. Selanjutnya, Ekonomi Politik oleh pakar-pakar Ekonomi Politik Baru lebih diartikan sebagai analisis ekonomi terhadap proses politik[4].
Oleh karena cangkupannya yang abu-abu dan sangat luas, oleh para ahli dilakukan pendekatan-pendekatan untuk mengetahui ranah analisis Ekonomi Politik. Salah satunya dalam Teori Ekonomi Politik Baru adalah Teori Pilihan Rasional.

I.2 Tujuan Penulisan
Mengenalkan Teori Pilihan Rasional dalam studi Ekonomi Politik.

I.3 Ruang Lingkup Masalah
Masalah yang akan diuraikan mencakup :
-          Latarbelakang munculnya Teori Ekonomi Politik Baru
-          Apa itu Teori Pilihan Rasional?
-          Contoh Kasus
-          Tanggapan mengenai Teori Pilihan Rasional

1.1  Dasar Teori yang Dipakai
Dasar Teori yang dijadikan dasar pembuatan makalah ini bersumber dari teori-teori yang dikemukakan oleh Deliarnov dalam bukunya berjudul, Ekonomi Politik
Buku ini memaparkan pengetahuan mendasar tentang studi Ekonomi Politik dengan memberikan pemahaman melalui pendekatan-pendekatan, dari pendekatan Klasik hingga yang Ekonomi Politik Baru. Bahasa ringan yang digunakan oleh Deliarnov dan penjelasan yang selalu di mulai dengan latarbelakang singkat sangat membantu pembaca dalam mengenal Ekonomi Politik.



[1] Deliarnov. “Ekonomi Politik”, Erlangga : Jakarta, 2006. h -
[2] Ibid.h.8
[3] Ibid.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...