Laman

 photo tabfashion.png photo tabtumblr.png photo tabtutorial.png
 photo tabtutorial.png

Metode penelitian dalam sosiologi


Dalam penelitian sosiologi, menggunakan duametode, yaitu metode kualitatif dan kuantitatif.

1. Metode Kualitatif
Penelitian kualitatif adalah riset yang bersifat deskriptifdan cenderung menggunakan analisis dengan pendekatan induktif. Proses dan makna(perspektif subyek) lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif. Landasan teori dimanfaatkan sebagaipemandu agar fokus penelitian sesuai dengan fakta di lapangan. Selainitu landasan teori juga bermanfaat untuk memberikan gambaran umum tentang latarpenelitian dan sebagai bahan pembahasan hasil penelitian. Dalam penelitian kualitatifpeneliti bertolak dari data, memanfaatkan teori yang ada sebagai bahanpenjelas, dan berakhir dengan suatu “teori”.
Metode ini mengutamakan cara kerja denganmenjabarkan data yang diperoleh. Metode ini dipakai apabila data hasilpenelitian tidak dapat diukur dengan angka atau dengan ukuran lain yangbersifat eksak. Istilah penelitian kualitatif dimaksudkan sebagai jenispenelitian yang temuan-temuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistikatau bentuk hitungan lainnya. Contohnya penelitian tentang kehidupan, riwayat,dan perilaku seseorang, di samping juga tentang peranan organisasi, pergerakansosial, atau hubungan timbal balik. Sebagian datanya dapat dihitung sebagaimanadata sensus, namun analisisnya bersifat kualitatif.

2. Metode Kuantitatif
Penelitian kuantitatif adalah penelitian ilmiah yang sistematisterhadap bagian-bagian dan fenomena serta hubungan-hubungannya.Penelitian kuantitatif adalah definisi, pengukuran data kuantitatif danstatistik objektif melalui perhitungan ilmiah berasal dari sampel orang-orangatau penduduk yang diminta menjawab atas sejumlah pertanyaan tentang surveiuntuk menentukan frekuensi dan persentase tanggapan mereka.
penelitian kuantitatif, penelitian berangkat dariteori menuju data,dan berakhir pada penerimaan atau penolakan terhadap teori yang digunakan.Metode ini digunakan dalam penelitian yang analisis datanya mengutamakanketerangan berdasarkan angka-angka. Penelitian yang dilakukan denganmenggunakan metode ini adalah survei dan eksperimen.
Tujuan penelitian kuantitatif adalah mengembangkan dan menggunakan model-model matematisteori-teori dan/atau hipotesisyang berkaitan dengan fenomena alam. Proses pengukuranadalah bagian yang sentral dalam penelitian kuantitatif karena hal inimemberikan hubungan yang fundamental antara pengamatanempirisdan ekspresi matematis dari hubungan-hubungan kuantitatif.

Sumber : Wikipedia

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...