Laman

 photo tabfashion.png photo tabtumblr.png photo tabtutorial.png
 photo tabtutorial.png

Para perintis kajian Sosiologi


David Émile Durkheim
Dikenal sebagaisalah satu pencetus sosiologi modern. Durkheim berusaha menciptakan salah satu pendekatan ilmiah pertamaterhadap fenomena sosial, Untuk mempelajari kehidupan sosial di kalanganmasyarakat modern. Emile memperkenalkan pendekatan fungsionalisme yang berupayamenelusuri fungsi berbagai elemen sosial sebagai pengikatsekaligus pemelihara keteraturan sosial.
Durkheim berpendapat bahwa masyarakat berevolusi mirip dengan organisme hidup,bergerak dari sebuah keadaan yang sederhana kepada yang lebih kompleks. Iaberpendapat bahwa masyarakat-masyarakat tradisional bersifat ‘mekanis’ dandipersatukan oleh kenyataan bahwa setiap orang lebih kurang sama, dan karenanyamempunyai banyak kesamaan di antara sesamanya. Dalam masyarakat tradisional, kesadaran kolektif sepenuhnya mencakup kesadaran individual – norma-norma sosial kuat dan perilaku sosial diaturdengan rapi.
Dalam masyarakat modern, pembagian kerja yang sangat kompleks menghasilkan solidaritas 'organik'. Spesialisasi yang berbeda-bedadalam bidang pekerjaan dan peranan sosial menciptakan ketergantungan yangmengikat orang kepada sesamanya, karena mereka tidak lagi dapat memenuhiseluruh kebutuhan mereka sendiri. Akibat dari pembagian kerja yang semakin rumit, ialah bahwa kesadaranindividual berkembang dalam cara yang berbeda dari kesadaran kolektif –seringkali malah berbenturan dengan kesadaran kolektif.

MaximilianWeber
Seorang ahli ekonomi politik dan sosiolog dari Jermanyang dianggap sebagai salah satu pendiri ilmu sosiologi dan administrasi negaramodern. Menurut Weber bahwa sosiologi ialah ilmu yang berupaya memahamitindakan sosial. Ini tampak dari definisi berikut ini:
Sociology…is a science which attempts the interpretive understanding of social action in
orderthereby to arrive at a casual explanation of its course and effects (Weber,1964:88)
dikembangkanyateori sosiologi yang membahas interaksi sosial.

Max Weber, memusatkanperhatian bukan kepada apa yang memotivasi tindakan-tindakan dari setiappribadi (individualismemetodologis), melainkanlebih kepada penelitian terhadap "fakta-faktasosial", Menurut Max Weber, sosiologiadalah suatu ilmu yang mempelajari tindakan sosial. Namun, hal ini tidakberarti semua tindakan yang dilakukan manusia
tergolong tindakan sosial. Tindakan sosial adalah sebuah tindakan yang
dilakukan atas dasar perilaku orang lain dan berorientasi pada perilaku orang
lain. Dengan kata lain, tindakan sosial adalah tindakan yang diambil menyangkut dan mengarah pada orang lain.

Karl Marx
Adalah seorang filsuf, pakar ekonomi politik danteori kemasyarakatan. Karl marx memperkenalkan pendekatan ‘matrealisme’ yangmenganggap kelas sosial yang menjadi perubahan dan pengembangan masyarakat.
Marx menganalisishubungan kita dengan hubungan kerja ada di bawah kapitalisme Pembagian kelasutama masyarakat kapitalis dalam Das Kapital yaitu, buruh upahan, kapitalis danpemilik tanah. Sistem kapitalis yang semakin berkembang.
Dalam pandangan Marx,kontadiksi yang paling penting adalah antar kekuatan-kekuatan produksi materildan hubungan-hubungan produksi, dan antar kepentingan-kepentingan kelas yangberbeda (Doyle Paul Jhonson , 1986:153).

Sumber : Wikipedia
*belum diedit :D
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...