Laman

 photo tabfashion.png photo tabtumblr.png photo tabtutorial.png
 photo tabtutorial.png

ISU-ISU LINGKUNGAN HIDUP GLOBAL

Isu-isu lingkungan hidup tidak lepas dari masalah-masalah lingkungan hidup itu sendiri. Lingkungan hidup merupakan kombinasi yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energi surya, mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan, untuk kelanjutan hidup manusia di muka bumi ini. Jika lingkungan hidup musnah, maka penghuninya pun demikian. Hal ini lah yang saat ini menjadi topik perbimcangan yang terjadi di kancah dunia imternasional. Melihat betapa perihatinnya lingkungan hidup dari masa ke masa.

Isu lingkungan global merupakan permasalahan lingkungan dan dampak yang ditimbulkan dari permasalahan lingkungan tersebut mengakibatkan dampak yang luas dan serius bagi dunia. Kesadaran manusia akan lingkungannya yang telah rusak membuat isu lingkungan ini mencuat. Isu lingkungan global yang mencuat ke permukaan yang bersifat global serta yang paling penting dalam lingkungan adalah mengenai pemanasan global.
Pemanasan global atau yang sering  disebut global warming adalah adanya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer,laut, dan daratan bumi. Pemanasan global atau global warming menjadi isu global mutakhir terkait lingkungan hidup dimana pencemaran dan pengrusakan terhadap lingkungan dianggap sebagai faktor penyebab hilangnya sifat kealamiahan bumi akibat pemanasan global. Dunia pun menyadari untuk melakukan upaya keras mengingat semakin terancamnya eksistensi kehidupan.

Menurut N.H.T.Siahaan (2004) ada beberapa masalah lingkungan yang meliputi sebagai berikut:
1. Pencemaran (Pollution)
Timbulnya pencemaran ini akibat dari berbagai aktivitas manusia yang berupa Kegiatan industri, dalam bentuk limbah dan zat buangan berbahaya.
2. Timbul berbagai penyakit aneh dan baru
Belakangan makin banyak jenis penyakit baru yang muncul, seperti malaria, DBD, antraks, AIDS, chikungunya, ebola, SARS (flu burung dan flu babi).
3. Pemanfaat Alam secara tak terkendali
Merupakan dampa dari tinngkah laku manusia dalam mengekspoitasi dan menggunakan sumber daya alam secara serampangan dan tidak bertanggungjawab. Misalnya, penebangan liar sampai gundul, pengambilan terumbu karang atau ekosistem pantai, penangkapan ikan dengan bahan peledak dan alat beracun dan sebagainya.
4. Kepadatan Penduduk
Kepadatan penduduk telah melewati batas siklus kemampuan atau cadangan sumber daya lingkungan sebagai sumber kebutuhan hidup manusia.
5. Menurunya Populasi Fauna dan Flora
6. Ketidakseimbangan ekosistem-ekosistem yang memiliki keterkaitan di dalamnya.
7. Konsumerisme, Kemiskinan dan Kelaparan.

Isu lingkungan ini diangkat oleh disiplin Hubungan Internasional karena keamanan dan konflik dunia akan berdampak buruk bagi lingkungan seperti setelah perang dunia 2 dengan timbulnya kerusakan bagi lingkungan. Dan adanya kesadaran di Barat bahwa hal ini akan mengancam lingkungan hidup.
Berakhirnya Perang Dingin menjadi perhatian pengamat dan para ahli lingkungan karena kerusakan lingkungan akibat perang itu sendiri. Dan adanya kesadaran publik terhadap perubahan lingkungan global dan banyak gejala terjadi dalam lingkungan global yang menyebabkan iklim tidak pasti. Sehingga para peneliti mulai keras dan berani tampil yang penelitiannya mulai dipublikasikan. Hal ini meyuarakan keprihatinan terhadap lingkungan hidup. Kegiatan ekonomi dan sosial pun akan mengancam manusia. Karena manusia itu sendiri mengeruk sumber daya alam demi memenuhi permintaan pasar tanpa memikirkan akibatnya.
Peran aktor negara (state actor) yang diwakili oleh IGO dan INGO pun menjadi salah satu dampak dari ketidak harmonisan lingkungan. Kebijakan pembangunan yang dilakukan negara-negara di dunia mengabaikan kelanjutan, kelestarian, dan kelanjutan lingkungan. Akibat kerusakan lingkungan ini, bukan hanya lokal bahkan lintas negara dan global. Contohnya: kebakaran hutan yang asapnya dapat mengganggu negara tetangga dan sebaginya.
Human scurity dibuat untuk mencegah ancaman-ancaman kemanusiaan yang ada di dunia. Ada 7 elemen yang paling penting yaitu keamanan ekonomi, keamanan kesehatan, keamanan makanan, keamanan lingkungan, keamanan personal/pribadi, keamanan politik, dan keamanan komunitas.

*Digunakan sebagai tugas mata kuliah Isu-Isu kontemporer dalam HI
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...